Kecerdasan Buatan (AI) Yang Harus Marketer Tahu untuk Menghadapi Persaingan di Era Digital

Pada era digital ini, kita tidak bisa mengesampingkan peran kecerdasan buatan untuk marketer. Hal ini karena dengan adanya kecerdasan buatan (AI), kita dapat menentukan strategi dan mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Dengan kata lain, AI telah banyak membantu manusia untuk mengembangkan bisnis dan mengurangi risiko kegagalan pemasaran.

Bagi Anda, para pelaku bisnis, harus bisa membuka diri terhadap perkembangan teknologi. Dengan demikian, Anda tidak akan tertinggal dalam persaingan dengan perusahaan lain. Lebih lanjut, berikut ini beberapa hal tentang kecerdasan buatan yang perlu Anda ketahui untuk menghadapi persaingan di era digital.

Peranan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Dunia Marketing

Image by Source

Marketer tidak bisa mengabaikan kenyataan bahwa AI telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dari sudut pandang konsumen, AI membuat kehidupan lebih mudah, nyaman, dan personal, utamanya dalam hal pemasaran dan penjualan. Berkat AI, pembeli dengan mudah bisa mendapatkan rekomendasi produk yang mereka butuhkan berdasarkan riwayat pencarian.

Lebih lanjut, AI dapat membantu para pelaku bisnis membuat keputusan pemasaran yang lebih baik dan strategis. Dengan kata lain, sudah waktunya bagi produsen untuk meninggalkan strategi penjualan lama. Dengan AI, perusahaan Anda akan lebih mudah menjangkau konsumen sesuai dengan segmen pasar yang Anda harapkan.

Cara Kerja AI dalam Membantu Marketer

Image by Source

Elemen utama dari AI adalah machine learning. Sederhananya, sistem ini membuat prediksi masa depan berdasarkan riwayat data. Dengan kata lain, sistem akan membaca kebiasaan pengguna dan mempelajarinya. Setelah itu, AI akan memroses informasi ini untuk menghasilkan pediksi tindakan selanjutnya.

Kecerdasan buatan untuk marketer berperan besar dalam membantu membuat prediksi pemasaran. Dalam hal ini, AI dapat membantu Anda menentukan setiap keputusan penting, mulai dari hal-hal teknis sampai praktis. Dengan demikian, kemungkinan kegagal dalam pemasaran dapat terminimalkan.

Penggunaan AI dalam Social Marketer

Telah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi kecerdasan buatan untuk marketer. Dengan demikian, materi promosi dapat sampai ke konsumen dengan lebih efisien. Dalam hal ini, AI berperan dalam menciptakan chatbot, content strategy, social ads, hingga monitoring and review.

Kecerdasan buatan untuk marketer terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, bahkan saat ini hampir setiap bisnis bisa menggunakan AI. Meski demikian, sebagai pemilik usaha, Anda perlu terlebih dahulu menentukan jenis AI marketer yang Anda butuhkan.

Marketing Software and Tools Berbasis AI

Untuk memudahkan proses promosi Anda, AI dapat membantu meningkatkan marketing melalui email campaigns dan social media ads. Saat ini juga telah tersedia berbagai pilihan aplikasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian, proses promosi pun menjadi lebih mudah dan efisien.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan Yext untuk membantu melakukan social media monitoring. Jika yang perusahaan Anda butuhkan adalah aplikasi untuk mempelajari segmentasi dan personalisasi konten, Anda dapat menggunakan Rasa.io. Lebih lanjut, jika Anda membutukan marketing software untuk meningkatkan ads for social media and Google, Anda bisa menggunakan Pattern 89.

Itulah beberapa hal tentang kecerdasan buatan untuk marketer yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, AI telah banyak kita jumpai, hampir pada seluruh aplikasi yang kita gunakan sehari-hari. Bahkan, jika perusahaan Anda sudah menggunakan aplikasi CRM, sebenarnya Anda sudah melibatkan AI dalam kehidupan bisnis Anda.

Potensi dan peran AI dalam dunia bisnis memang tidak dapat kita hindari. Dengan kata lain, meskipun masih banyak perusahaan yang memilih metode marketing tradisional, pada akhirnya mereka harus melibatkan AI jika tidak ingin tertinggal.

Leave a Reply

Recent Blog

The benefits of video games

Gamification Core Loop: What Makes Games Fun?

As video game industry surpassed every other entertainment industry in annual revenue, one question arise: just what exactly makes gaming fun? Through various data and research, we found the answer to be deeply ingrained within our brain.

Read More »