Tren Kerja Tahun 2020: Akankah Jadi Tahunnya Pekerja Remote?

Remote worker adalah seseorang yang bekerja untuk suatu perusahaan, namun tidak memiliki keharusan untuk datang ke kantor. Dengan kata lain, seorang remote worker dapat bekerja di mana saja, baik di rumah maupun café. Oleh sebab itu, dalam bekerja mereka tidak terikat dengan jarak dan waktu. Ini merupakan salah satu tren kerja tahun 2020 yang telah mulai banyak perusahaan terapkan.   

Beberapa perusahaan mulai menerapkan kebijakan remote working dengan maksud meningkatkan produktivitas pegawainya. Jika dahulu remote working hanya berlaku untuk pekerja lepas, kini sudah banyak perusahaan yang mengizinkan pekerja tetap untuk bekerja remote, salah satunya Majalah Cosmopolitan Romania. Lebih lanjut, berikut beberapa alasan tren kerja pekerja remote akan meningkat pada 2020.

Kesempatan Kerja Terbuka Luas

Image by Source

Tren kerja pekerja remote membuat pelakunya bisa mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas. Hal ini karena seorang pekerja remote bisa mendapat beragam proyek sekaligus, bahkan dari perusahaan yang berada di negara lain. Begitu pula sebaliknya, perusahaan bisa mendapatkan talent berbakat tanpa perlu mengkhawatirkan kendala jarak. Terlebih, kini perkembangan teknologi memudahkan komunikasi antarnegara maupun antarbenua. Berbekal akses internet, siapa saja dapat terhubung dalam satu waktu.

Hemat Waktu dan Tenaga

Image by Source

Tidak seperti pekerja kantoran, seorang pekerja remote dapat mengatur waktu kerja dengan lebih fleksibel. Karena tidak perlu selalu datang ke kantor, seorang remote worker juga tidak perlu membuang waktu 2—5 jam perjalanan. Dengan demikian, mereka dapat mengatur waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan/proyek. Selain itu, tingkat stres pun dapat berkurang karena tidak perlu berhadapan dengan kemacetan dan rutinitas yang membosankan.

Work-Life Balance

Image by Source

Karena memiliki keleluasaan mengatur waktu kerja sendiri, seorang remote worker juga dapat menciptakan kehidupan yang lebih seimbang. Dalam hal ini, ketika menjadi seorang pekerja remote, Anda bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarga maupun diri sendiri. Selain itu, lokasi kerja pun bisa lebih bervariasi. Jika bosan bekerja di rumah, Anda bisa pergi ke café atau coworking space yang asyik.

Tren Kerja Pekerja Remote Membantu Efisiensi Perusahaan

Selain menguntungkan pekerja, remote working juga dapat membantu perusahaan melakukan efisiensi. Dalam hal ini, kebijakan remote working membantu perusahaan menghemat listrik, serta mengurangi space untuk pekerja dan biaya belanja alat kantor. Dengan demikian, perusahaan dapat menggunakan dana untuk sektor lain yang lebih membutuhkan.

Masa Depan Remote Working

Tren kerja pekerja remote merupakan revolusi terbesar dalam sejarah dunia bisnis yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para pekerja. Pekerja dengan kemampuan remote working yang baik akan menjadi anggota tim paling dibutuhkan dalam 3—5 tahun mendatang. Diperkirakan, 123 juta orang akan bekerja remote pada 2024/2025. Oleh sebab itu, baik perusahaan maupun pekerja hendaknya mulai mempersiapkan diri.

Itulah beberapa alasan tren kerja pekerja remote akan berjaya pada 2020, bahkan hingga 3—5 tahun ke depan. Dalam hal ini, dengan budaya kerja remote, baik perusahaan maupun pekerja akan sama-sama diuntungkan. Perusahaan dapat melakukan efisiensi. Sementara itu, pekerja bisa mendapatkan hak dan keleluasaan untuk mengatur jam kerja pribadi. Jadi, sudah siapkah Anda menghadapi tren kerja jarak jauh ini?

Leave a Reply

Recent Blog

The benefits of video games

Gamification Core Loop: What Makes Games Fun?

As video game industry surpassed every other entertainment industry in annual revenue, one question arise: just what exactly makes gaming fun? Through various data and research, we found the answer to be deeply ingrained within our brain.

Read More »