Top 10 Tren Kecerdasan Buatan (AI) Yang Harus Kamu Tau di 2020

Seiring berkembangnya teknologi, keberadaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin tidak dapat kita abaikan. Berbagai perusahaan dari berbagai sektor berlomba-lomba memadukan AI di berbagai bidang untuk memaksimalkan kinerja perusahaan. Apa sajakah tren AI di 2020? Berikut ini beberapa di antaranya.

Kolaborasi AI dengan Blockchain dan IoT

Image by Source

Untuk meningkatkan kinerjanya, AI harus berkolaborasi dengan teknologi lain. Sebagai contoh, ketika menciptakan teknologi kendaraan tanpa awak, AI harus berkolaborasi dengan IoT. Dalam hal ini, IoT berfungsi mengaktifkan dan mengatur sensor di dalam kendaraan. Sementara itu, AI bertugas sebagai pengambil keputusan. Selanjutnya, AI juga dapat bekerja sama dengan Blockchain untuk mengatasi masalah keamanan, skalabilitas, dan prifasi pengguna. 

Produksi Media dan Hiburan Berbasis AI

Image by Source

Tren AI di 2020 selanjutnya adalah media dan hiburan berbasis AI. Dalam hal ini, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk industry kreatif dapat menghemat biaya produksi. Sebagai contoh, AI dapat membantu proses pengembangan cerita, produksi, penulisan naskah, bahkan akting. Dengan demikian, proses produksi bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

Kerja Sama AI dan Sistem Keamanan Siber

Image via Source

Semakin canggih teknologi, semakin besar pula ancaman yang bisa datang. Oleh sebab itu, AI dapat bekerja sama dengan sistem keamanan siber untuk menangkalnya. Dengan menggunakan pendekatan proaktif, perangkat Anda akan mampu mendeteksi penyerang jahat sehingga keamanan dan prifasi Anda akan tetap terjaga.

Semakin Banyak Industri Tradisional yang Melibatkan AI

Pada 2020, sudah semakin banyak organisasi yang menyadari bahwa AI merupakan elemen yang harus setiap perusahaan miliki. Oleh sebab itu, para pebisnis tradisional harus mulai berpikir cepat agar tidak tertinggal. Dengan demikian, mereka dapat bertahan hidup di antara perkembangan teknologi industri.

AI dan Metode Pemasaran Modern

Tren AI di 2020 selanjutnya adalah peranan AI dalam dunia pemasaran yang semakin besar. Hal ini karena AI dapat membantu perusahaan meningkatkan interaksi dan retensi pelanggan. Selain itu, kecerdasan buatan juga dapat membantu perusahaan untuk menentukan target audiens di media sosial dan berbagai platform lainnya.  

Otomatisasi di Lingkungan Kerja Menggunakan AI

Otomatisasi merupakan tren AI di 2020 yang tidak dapat kita tolak. Meskipun langkah ini menyebabkan adanya anggapan bahwa kecerdasan buatan dapat mengambil alih pekerjaan manusia, adanya AI juga membuka kesempatan kerja di bidang lain. Dengan kata lain, AI justru dapat memperingan pekerjaan sehingga manusia dapat fokus pada sektor lain yang lebih esensial.  

Asisten AI Akan Semakin Maju

Kita telah banyak mengenal Asisten AI, seperti Siri, Alexa, Cortana, dan Google Assistant. Pada tahun 2020, akan lebih banyak perusahaan yang mengadopsi sistem ini. Dalam hal ini, ComScore memperkirakan mayoritas sistem pencarian akan mengandalkan sensor suara.

Tren AI di 2020 Dapat Menyebabkan Bias Data

Penggunaan model machine learning selama ini menjadi tren untuk mengambil keputusan penting. Sayangnya, tren ini dapat menyebabkan bias data atau discriminatif. Misalnya, ketika perusahaan menggunakan AI dalam hal perekrutan atau persetujuan pinjaman hipotek yang mungkin akan lebih menguntungkan pihak tertentu saja.

Teknologi Pengenalan Wajah

Tren lain yang juga akan semakin maju pada 2020 adalah teknologi pengenalan wajah. Dalam hal ini, akurasi dan keterbacaan aplikasi AI akan semakin signifikan sehingga berguna untuk berbagai sektor industri. Dengan kata lain, akan semakin banyak produk teknologi yang memanfaatkan fitur ini.

Kewaspadaan Terkait Kebijakan dan Privasi

Beberapa dari kita mungkin tidak menyadari bahwa pengembangan di sektor AI juga dapat melanggar perlindungan privasi pengguna. Dalam hal ini, kekhawatiran tersebut kemungkinan meningkat pada 2020. Lebih lagi, Undang-undang seputar AI juga masih bias. Oleh sebab itu, pengguna harus semakin waspada terkait pengaturan kebijakan dan privasi agar pihak lain tidak dapat mencuri data pribadi dengan mudah.

Itulah beberapa tren AI di 2020 yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, AI memiliki peranan besar untuk membantu manusia. Meski demikian, dalam praktiknya manusia harus tetap berhati-hati, terutama masalah kebijakan dan privasi yang masih bias.

Leave a Reply

Recent Blog