Promosikan Kultur Perusahaan dan Dapatkan Kandidat Terbaik dengan 5 Tips Berikut

Mempromosikan kultur perusahaan dapat membantu Anda mendapatkan kandidat terbaik dengan skill mumpuni, sekaligus etika yang baik. Oleh sebab itu, ciptakanlah kultur perusahaan yang sehat dan kompetitif. Kemudian, promosikan melalui berbagai platform yang perusahaan Anda miliki. Dengan demikian, kandidat terbaik akan datang dengan sendirinya.

Perlu Anda ingat, karyawan yang unggul secara skill memang akan membantu Anda memajukan perusahaan. Namun, skill unggul menjadi tidak berarti apabila tidak diimbangi dengan etika yang baik. Dalam ha ini, mempromosikan kultur perusahaan Anda akan menjadi tahap awal seleksi. Dengan demikian, calon kandidat dapat mempertimbangkan apakah budaya perusahaan Anda sesuai dengan mereka.

Tunggu apa lagi? Promosikan kultur perusahaan Anda dengan mengikuti 5 tip berikut.

Promosikan Jam Kerja Fleksibel

Image by Source

Saat ini, jam kerja “9 to 5” sudah bukan lagi menjadi tren. Mulailah menciptakan jam kerja yang lebih fleksibel agar karyawan Anda memiliki kehidupan yang lebih seimbang. Hal ini karena karyawan dengan kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang akan memiliki emosi dan produktivitas yang cenderung lebih stabil. Oleh sebab itu, buat dan promosikanlah sistem yang mendorong karyawan perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, meski tanpa ke kantor setiap hari.

Tunjukkan Kultur Perusahaan yang Suportif

Image by Source

Motivasi dan apresiasi adalah kunci untuk menciptakan kultur perusahaan yang sehat dan suportif. Jangan ragu untuk secara terbuka memberikan kredit/penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Dengan demikian, mereka akan merasa dihargai oleh perusahaan, sekaligus menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaan Anda mendukung setiap jerih payah karyawan.

Ciptakan Citra Positif Pemimpin Perusahaan

Memiliki pemimpin yang baik merupakan impian semua karyawan. Tak heran, beberapa orang mencari tahu siapa yang akan menjadi bos mereka sebelum memutuskan untuk melamar. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila Anda memperkenalkan profil CEO atau pemimpin di perusahaan Anda melalui platform yang perusahaan miliki. Dengan demikian, para kandidat dapat mengenal terlebih dahulu dengan siapa mereka akan bekerja.

Buka Ruang Diskusi di Media Sosial   

Media sosial merupakan salah satu media promosi yang paling mudah dan gratis. Melalui berbagai konten, Anda bisa promosikan kultur perusahaan melalui media sosial, sesuai dengan citra yang ingin Anda tunjukan. Selain itu, Anda juga dapat bermain dengan gaya bahasa sehingga media sosial perusahaan Anda lebih hidup dan “bersuara”. Meskipun terkesan sepele, metode ini ampuh untuk membantu calon kandidat mengenal gambaran atmosfer perusahaan Anda.  

Ajak Karyawan Ikut Promosikan Kultur Perusahaan

Tip terakhir untuk promosikan kultur perusahaan Anda adalah dengan memanfaatkan karyawan Anda. Hal ini karena review atau pendapat “orang dalam” akan lebih dipercaya oleh masyarakat daripada sekadar pencitraan yang Anda ciptakan. Oleh sebab itu, ajaklah karyawan Anda mempromosikan tempat kerjanya, mulai dari kepada keluarga hingga teman-temannya. Cerita dari mulut ke mulut ini kemudian dapat menjadi bentuk promosi secara tidak langsung.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan kultur perusahaan Anda. Intinya, semakin positif citra yang Anda tunjukkan, semakin tinggi pula kesempatan perusahaan Anda untuk dilirik oleh kandidat terbaik. Namun demikian, jangan sampai citra yang Anda tunjukkan berbanding terbalik dengan kultur perusahaan Anda sesungguhnya. Bangunlah budaya kerja perusahaan yang baik, maka dengan sendirinya talent terbaik akan datang melamar.

Dari beberapa tip di atas, manakah yang sudah Anda terapkan ke perusahaan Anda?

 

Leave a Reply

Recent Blog