Bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) Membantu Kehidupan Kita Sehari-hari

Dalam kehidupan serba modern ini, mustahil bagi kita untuk hidup tanpa melibatkan peran kecerdasan buatan atau AI. Segala perangkat yang kita gunakan, mulai dari smartphone, peralatan rumah tangga, mobil, hingga fasilitas kantor, sekolah, dan publik telah menggunakan kecerdasan buatan. Dengan kata lain, peran AI dalam hidup sehari-hari memang tidak dapat kita bantahkan.

Disadari atau tidak, Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi bagian dari keseharian kita. Dalam hal ini, kehadirannya tidak hanya meringankan pekerjaan kita, namun juga memberikan pengalaman menarik selama menggunakannya. Lebih lanjut, untuk lebih memahami fungsi AI, berikut ini beberapa peran AI dalam hidup sehari-hari yang mungkin sering Anda jumpai.

AI dan Komunikasi E-Mail

Image by Source

Saat ini, e-mail telah dilengkapi kecerdasan buatan yang memudahkan pengguna untuk menyaring dan membalas pesan. Sebagai contoh, Gmail memiliki fitur yang secara otomatis dapat menggolongkan setiap pesan masuk ke dalam kategori-kategori. Adapun jenis kategori yang Gmail miliki antara lain primary, social, promotions, updates, forum, dan spam. Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah memilah pesan.

Fitur lain yang melibatkan AI dalam hidup sehari-hari adalah smart replies. Dengan fitur ini, pengguna akan mendapatkan beberapa saran kalimat sederhana untuk merespons pesan. AI dapat memperkirakan pilihan balasan yang sesuai dengan gaya bahasa Anda. Selain itu, terdapat pula fitur yang dapat mengingatkan Anda bila Gmail mendeteksi e-mail penting yang belum Anda buka atau balas dalam waktu tertentu.  

AI dan Media Sosial

Image by Source

Selain pada e-mail, AI juga berperan dalam memudahkan komunikasi pengguna media sosial, baik untuk urusan pertemanan maupun pekerjaan. Salah satu media sosial yang memanfaatkan AI dalam hidup sehari-hari adalah Facebook. Misalnya, pada 2017 Facebook meluncurkan fitur pendeteksi konten  bernada self-harm atau suicidal. Dengan demikian, setiap ada pengguna yang mengunggah konten yang menunjukkan kecenderungan tersebut, Facebook akan secara otomatis menghubungkannya dengan organisasi kesehatan mental terdekat.

Selain Facebook, LinkedIn juga menggunakan AI untuk memaksimalkan fitur mereka. Dalam hal ini, AI bertugas membantu pengguna menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman dan minat mereka. Selain itu, LinkedIn mengungkapkan bahwa dengan mempelajari perilaku para pengguna, mereka tidak hanya membantu pelamar menemukan lowongan pekerjaan, namun juga meningkatkan potensi pelamar untuk diterima oleh perusahaan impian.

AI dan Mesin Pencarian (Search Engine)

AI dalam hidup sehari-hari dapat membantu pengguna menemukan topik paling dicari berdasarkan kata yang mereka ketik. Dalam hal ini, ketika mengetik satu dua kata di kolom pencarian Google, pengguna secara otomatis akan mendapatkan beberapa rekomendasi topik sejenis. Selain itu, Google juga memanfaatkan AI untuk mengumpulkan informasi tentang para penggunanya, mulai dari lokasi, usia, dan data personal lainnya. Data-data inilah yang kemudian membantu AI dalam search engine Google menebak informasi yang sedang Anda cari.

Lebih lanjut, Google juga memiliki algoritma yang mempelajari linguistik bahasa. Dengan kata lain, AI berperan mempelajari tata bahasa untuk memudahkan proses pencarian.  Sebagai contoh, apabila Anda mengetik “berapa harga beras di pasar sekarang”, Google akan mencari jawaban terbaik berdasarkan kata kunci yang Anda berikan tersebut. Kemudian, secara otomatis Google akan menyajikan hasil pencarian mulai dari yang mereka anggap paling relevan.   

AI dan Online Shop

Adanya AI dalam hidup sehari-hari juga memudahkan pengguna online shop untuk mendapatkan rekomendasi produk. Dalam prosesnya, AI akan mempelajari perilaku konsumen dan barang yang paling sering mereka cari. Selain itu, ketika pengguna mencari satu produk, AI akan membantu untuk mendapatkan rekomendasi barang sejenis dari berbagai toko yang bisa calon konsumen jadikan pertimbangan.

Selain online shop, mobile banking juga memanfaatkan AI untuk memudahkan transaksi pengguna. Dalam hal ini, beberapa bank memberikan fitur yang memungkinkan para pengguna melakukan personalisasi dalam aplikasi mereka. Contohnya, aplikasi Wells Fargo yang memungkinkan pengguna membuat bill pay reminders, pre-overdraft alerts, dan transfer prompts.

Itulah beberapa peran AI dalam hidup sehari-hari yang perlu Anda ketahui. Dari beberapa penjelasan di atas, manakah kira-kira yang paling sering Anda gunakan?

Leave a Reply

Recent Blog

The benefits of video games

Gamification Core Loop: What Makes Games Fun?

As video game industry surpassed every other entertainment industry in annual revenue, one question arise: just what exactly makes gaming fun? Through various data and research, we found the answer to be deeply ingrained within our brain.

Read More »