Bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) Membantu Digital Marketing dalam Memprediksi Pasar

AI dan digital marketing adalah ibarat sepasang kekasih yang tak terpisahkan. Dalam hal ini, keberadaan AI telah membantu dan menyokong digital marketing. Dengan kecanggihannya, para pemilik usaha berusaha untuk memaksimalkan AI agar dapat membantu menciptakan promosi yang tepat sasaran, efisien, dan strategis.

AI membantu digital marketing dengan menciptakan promosi yang lebih ideal. Dengan demikian, perusahaan dapat memotong biaya produksi dan mengalokasikannya untuk sektor lain yang lebih membutuhkan. Untuk lebih memahami peranan AI dalam digital marketing, berikut adalah penjelasan peranan AI yang mungkin perlu Anda ketahui.

AI Dapat Membantu Perusahaan Memprediksi Pasar

Image by Source

AI dan digital marketing selama ini hidup secara berdampingan. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan kemampuan deep learning AI untuk menghasilkan data yang sifatnya prediksi. Dengan membaca algoritma, AI bisa melakukan research dan mempelajari informasi. Kemudian, hasil dari proses pengolahan data ini dapat Anda analisis untuk mengembangkan kampanye perusahaan agar lebih tepat sasaran.

AI Membantu Membuat Interaksi Perusahaan dan Konsumen Lebih Personal

Image by Source

Salah satu kolaborasi AI dan digital marketing yang dapat meningkatkan kualitas interaksi perusahaan dan konsumen adalah penggunaan chatbot. Asisten virtual ini dapat membantu Anda membangun dan memperkuat hubungan serta interaksi dengan pelanggan. Selain itu, chatbot bekerja menggunakan sistem AI untuk melacak dan memprediksi perilaku pengguna. Kemudian, mereka akan mengolahnya menjadi kata kunci yang lebih kuat. Dengan demikian, interaksi dengan pelanggan akan terasa lebih personal.

Kerja Sama AI dan Digital Marketing dalam Mengolah Umpan Balik Pelanggan

Teknologi AI juga dapat perusahaan gunakan untuk menganalisis komentar atau umpan balik konsumen terhadap produk perusahaan. Misalnya, ketika konsumen memberikan komentar tentang produk Anda melalui platform media sosial, AI akan membantu digital marketing untuk memproses informasi ini. Dengan kata lain, AI dan digital marketing dapat membantu Anda memperbaiki kualitas pelayanan dengan lebih efisien.

Perbedaan antara Pure AI vs Pragmatic AI dalam Mendukung Digital Marketing

Pure AI merupakan kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan intelektual setara dengan manusia. Ia mampu mempelajari, memprediksi, dan beradaptasi terhadap situasi dengan sendirinya. Sementara itu, Pragmatic AI adalah teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengotomatisasi transaksi dengan konsumen, memprediksikan perilaku konsumen menggunakan data sebelumnya, atau membantu konsumen membuat keputusan berdasarkan informasi yang kita miliki. Dengan kata lain, Pragmatic AI masih membutuhkan bantuan manusia, sedangkan Pure AI dapat bekerja dengan mandiri.

Itulah beberapa peran AI dan digital marketing yang perlu Anda ketahu. Pada dasarnya, AI membantu digital marketing untuk menciptakan promosi yang lebih strategis, efisien, dan tepat sasaran dengan kemampuannya dalam memprediksi dan berinovasi. Dengan kata lain, selain mengurangi biaya produksi, kemungkinan peningkatan penjualan pun lebih besar.

Lebih lanjut, meskipun sering diisukan akan merebut peranan manusia, AI sebenarnya sangat membantu meringankan pekerjaan. Dengan adanya AI, manusia dapat memaksimalkan dirinya untuk fokus ke hal-hal yang lebih besar. Jika dimanfaatkan dengan baik, AI dapat membantu sekaligus menjadi rekan yang dapat dipercaya.

Leave a Reply

Recent Blog